VISI, MISI, DAN TUJUAN
1. VISI
Terwujudnya guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam menjalankan profesi pendidikan dan keguruan penelitian dan pengembangan ilmu keguruan pada jenjang MI/SD dengan mengitegrasikan keilmuan keislaman dan kemanusiaan.
2. MISI
a. Melahirkan guru Madrasah Ibtidaiyah yang berakhlakul karimah dan berwawasan ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial.
b. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI).
c. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model penelitian based learning, problem based learning dan contextual teaching & learning dalam rangka menjamin mutu.
d. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan.
e. Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para civitas akademika.
f. Mengembangkan pengabdian, jejaring, dan kemitraan, dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya baik nasional maupun internasional.
3. TUJUAN
Adapun tujuan Program Studi PGMI STIT Al-Muslihuun Tlogo Blitar dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD. Secara umum penyelenggaraan program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STIT Al-Muslihuun Tlogo Blitar bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang berwawasan integrasi interkoneksi keilmuan pada jenjang oendidikan dasar serta memiliki pemahaman teori dan metode pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar.
Adapun secara khusus tujuan Program Studi PGMI STIT Al-Muslihuun Tlogo Blita, meliputi:
a. Kompetensi pedagogik yaitu penguasaan karakteristik peserta didik terkait dengan teori belajar, pengembangan kurikulum, media dan strategi pembelajaran administrasi dan evaluasi pembelajaran, serta melakukan tindakan reflektirf dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran MI/SD.
b. Kompetensi kepribadian yaitu memiliki etos kerja yang produktif dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru MI/SD.
c. Kompetensi sosial, yaitu memiliki kemampuan dalam bersikap inklusif, objektif, empatik dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi keguruan pada jenjang MI/SD.
d. Kompetensi profesional, yaitu penguasaan Keilmuan yang mampu mengembangkan materi ajar secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pengajaran pada jenjang MI/SD, sesuai dengan tuntunan perkembangan zaman.